Arung Jeram Sungai Ciberang, Lebak - Banten

Ditulis oleh:
Berikut ulasan mengenai Arung Jeram Sungai Ciberang, Lebak - Banten. Indonesia merupakan negara yang mempunyai keadaan alam yang begitu indah. Salah satunya adalah ribuan tempat wisata indah yang layak untuk kita ketahui dan kita kunjungi.

Wahana arung jeram buatan saat ini tak lagi sulit ditemukan warga di beberapa sarana rekreasi perkotaan. Namun, apabila ingin kembali menikmati sensasi alami melintasi riam-riam, Sungai Ciberang di Lebak, Banten, kiranya dapat menjadi satu pilihan tempat untuk berarung jeram. Sungai Ciberang di Lebak, Banten terkenal akan wisata arung jeramnya.


Lokasi

Sungai Ciberang adalah salah satu Objek Wisata Alam Indonesia yang berada di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Sungai yang memiliki lebar 50 m ini bersumber dari pegunungan halimun dan merupakan sumber kehidupan bagi masyarakat di sekitarnya. Sungai ini juga menjadi tempat wisata dan area arung jeram. Objek Wisata Sungai Ciberang Lebak Banten memiliki nuansa pemandangan alam yang indah. Di tepi sungai, terdapat pepohonan yang beraneka ragam, tebing tebing yang unik, dan berbagai macam bentuk bebatuan. Selain itu, di sekitar sungai juga terdapat area persawahan dan perkebuan menghijau. Semua pemandangan itu merupakan daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Pemandangan alami di rute sepanjang 10 kilometer itu menjadi daya tarik arung jeram di Sungai Ciberang. Belum lagi kesempatan menyaksikan beragam aktivitas warga yang terlihat saat melintasi kampung demi kampung. Di sekitar kampung Muhara terlihat warga yang menyeberangi sungai sambil memanggul sekarung gabah hasil panen. Dengan langkah terhuyung mengimbangi sapuan arus di dasar sungai, warga itu pun sempat membagi senyum. Keramahan khas di pedesaan.

Arung Jeram Sungai Ciberang, Lebak - Banten

Aksesibilitas

Setidaknya ada tiga rute menuju kawasan wisata arung jeram Ciberang di Kampung Muhara ini. Rute pertama adalah Jakarta-Serang-Pandeglang-Rangkasbitung-Cipanas-Kampung Muhara. Rute kedua adalah lewat Tigaraksa-Tenjo-Jasinga-Cipanas-Muhara. Rute ketiga adalah Jakarta-Bogor (melalui tol Jagorawi, keluar di Tol Sentul Selatan)-Leuwiliang-Jasinga-Cipanas-Muhara. Begitu sampai, pengunjung tinggal mendaftar di kantor BRC. Setiap perahu dapat disewa minimal tiga orang, maksimal lima orang. Tiap perahu akan didampingi satu pemandu dari BRC.


Fasilitas

Ada empat paket arung jeram yang ditawarkan BRC. Paket arus deras I, dengan panjang rute 700 meter yang ditempuh selama 20 menit, dapat dinikmati pengunjung dengan membayar Rp 50.000 per orang. Paket arus deras II, dengan harga tiket Rp 185.000 per orang, membawa peserta menyusuri riam Sungai Ciberang sepanjang 10 kilometer, waktu tempuh dua jam.

Paket arus deras III, dengan membayar Rp 350.000 per orang, akan mengajak berarung jeram selama 5 jam menyusuri Sungai Ciberang sepanjang 25 kilometer. Adapun paket lengkap seharga Rp 205.000 per orang menawarkan kesempatan berarung jeram di rute sepanjang 11 kilometer plus minuman selamat datang, makan siang, dan sajian kelapa muda.


Tiket (Harga dapat berubah setiap waktu!)

Paket I : Rp 50.000,-
Paket II : Rp 185.000,-
Paket III : Rp 350.000,-
Paket IV : Rp 205.000,-

Sekian artikel dari Tempat Wisata Inside mengenai Arung Jeram Sungai Ciberang, Lebak - Banten, yang dapat kalian jadikan acuan untuk berwisata.
Lihat juga:
Daftar Tempat Wisata Di Lebak, Banten
0 comments "Arung Jeram Sungai Ciberang, Lebak - Banten", Silahkan Masukkan Komentar:
Post a Comment